Selasa, 22 April 2014

Tips Cara Menghemat Biaya Pengobatan

Menghemat biaya pengobatan memang perlu kita lakukan karena memang biaya pengobatan penyakit di masa-masa sekarang ini tidaklah murah. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui cara menghemat biaya pengobatan yang bisa kita coba lakukan untuk juga mengatur pengeluaran kita juga.

Tips menghemat biaya harga pengobatan ini bukanlah kita tidak mau berobat ketika sakit tetapi lebih berfokus bagaimana cara kita mengatur pengeluaran yang bisa kita hemat ketika kita melakukan perawatan pengobatan penyakit yang sedang kita derita. Karena tidak dipungkiri akhir-akhir ini juga kita sering mendengar berita mengenai ditolaknya orang miskin yang membutuhkan pengobatan tetapi ditolak karena tidak mempunyai biaya untuk membayar pengobatannya.

Sungguh ironis sekali bila kita lihat banyak kemajuan dari negeri Indonesia ini. Gedung-gedung pencakar langit semakin banyak di kota-kota besar, begitu banyak juga rumah-rumah sakit baik RS pemerintah terlebih Rumah Sakit Swasta juga begitu mewah, dengan begitu banyaknya peralatan canggih medisnya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku sepertinya untuk melayani kaum miskin di negara kita ini.

Tips Cara Menghemat Biaya Pengobatan
Berobat ke Rumah Sakit biasanya kita lakukan ketika kita sedang sakit atau pun sekedar kontrol kesehatan serta juga ketika kita akan melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan yang kita perlu lakukan. Banyak juga orang yang memilih untuk mengikuti program jaminan asuransi kesehatan untuk mempersiapkan kesehatan mereka bila dibutuhkan suatu saat kelak.
Namun dilain sisi asuransi kesehatan juga mewajibkan premi yang bisa dibilang tidak murah. Ditambah lagi, beberapa obat atau pemeriksaan kesehatan dan juga bahkan beberapa penyakit tertentu tidak ditanggung oleh asuransi. Maka diperlukan cara menghemat biaya pengobatan di Rumah Sakit juga bila kita memang harus dirawat dan diobati di Rumah Sakit.

Berikut ada beberapa cara tips trik menghemat biaya pengobatan yang dikemukakan oleh Rod Moser, PA, PhD, seorang asisten dokter utama dengan pengalaman klinis lebih dari 35 tahun dalam Web MD yaitu diantaranya :

1. Sesekali Menjadi Dokter Sendiri.
Memberikan perawatan medis bagi kita sendiri memang harus membutuhkan keterampilan khusus yang harus didapatkan dari pendidikan dan pelatihan ketrampilan khusus pula. Yang lebih penting dan ditekankan di sini adalah melakukan pencegahan yang baik dan menjaga kebersihan pribadi akan membatasi diri kita dari penyakit.

Pola hidup sehat adalah alternatif pilihan kita untuk pencegahan penyakit. Dan juga cara menghemat biaya perawatan di Rumah Sakit. Menjadi dokter maksudnya bila kita punya pengalaman sakit tertentu dan diobati sembuh, maka hal ini bisa kita coba lakukan sendiri. Hanya saja ini bila sakitnya ringan. Bila berat maka alternatif selanjutnya adalah pergi ke pelayanan kesehatan.

2. Membeli Obat Generik.
Obat generik adalah obat yang memang disediakan oleh Pemerintah yang dalam hal kualitas obat tidak jauh berbeda dengan obat paten lainnya. Seperti yang sudah sering disosialisasikan oleh pemerintah, pilihlah obat generik. Obat berlabel generik memiliki kandungan yang sama dengan obat mahal dari merek lainnya. Dan jangan pula malu atau gengsi ketika membeli obat generik juga.

3. Percayalah Sistem Kekebalan Tubuh Kita.
Jauh sebelum ada klinik yang nyaman dan dokter yang hebat, penyakit pun sudah ada. Dan penyakit itu akan sembuh sendiri berkat perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi adalah salah satu jalan yang bia kita lakukan bersama.

4. Beli Obat Dalam Jumlah Besar.
Maksudnya adalah bila kita memang diharuskan untuk minum obat secara rutin dalam jangka waktu yang lama oleh karena penyakit yang kita derita maka, alternatif membeli obat yang sama sekaligus dalam jumlah yang besar akan lebih menghemat pengeluaran kita. Mintalah resep obat kepada dokter agar dapat dibeli sekaligus sehingga harganya akan menjadi lebih murah.

5. Memilih Apotik Dengan Harga Jual Obat Yang Lebih Murah.
Harga obat-obatan bervariasi di tiap tempat dan apotek. Cerdas dalam memilih dan menetukan apotik yang murah bisa dijadikan cara untuk menghemat biaya untuk membeli obat juga. Jangan ragu untuk menyurvei harga di beberapa tempat. Apotek besar sering menjual obat dengan harga lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar