Minggu, 13 April 2014

3 Pertanyaan Sebelum Anda Menolak Membeli Asuransi Kesehatan

Seberapa pentingnya kita memiliki asuransi kesehatan pribadi? Yaitu Asuransi yang preminya kita bayar sendiri (bukan dari kantor). Ini pertanyaan kontraversial karena jawabannya betul-betul tergantung pada kondisi setiap orang yang berbeda satu sama lain.

Jawabannya bisa tidak atau sebaliknya ya.

Menderita sakit, tak ada yang menginginkan namun juga tak ada yang dapat menolak kedatangannya. Saat sakit, biaya yang akan dikeluarkan tidak bisa diperkirakan besarnya. Ada yang hanya beberapa ribu rupiah karena penyakit ringan dan bisa sembuh dengan menggunakan obat-obatan ringan dan murah, namun ada juga yang butuh belasan, puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Nah, jika itu terjadi pada kita atau keluarga kita, sudah siapkah kita menanggung biayanya agar dapat mencapai kesembuhan yang diinginkan? 

Dan apakah Asuransi dari kantor dapat menanggungnya? 

Jika ya, sampai berapa lama akan dijamin? 
Pastinya, selama masih bekerja di kantor tersebut. Jika sudah tidak bekerja disitu lagi, tentu jaminan kesehatan akan terhenti. Yang menyedihkan adalah, apabila pegawai justru dikeluarkan karena penyakit yang dideritanya, misalnya karena kanker, ginjal atau penyakit lain yang tergolong penyakit kritis. Sudah tidak ada penghasilan, jaminan kesehatan turut terhenti pula. Sudah jatuh tertimpa tangga.

Untuk itu, ada 3 pertanyaan mendasar sebelum kita memutuskan untuk menolak tawaran membeli (atau membeli lagi) Asuransi kesehatan.

1. Apakah saya dan keluarga sudah memiliki Asuransi kesehatan?

2. Jika sudah memiliki Asuransi kesehatan, apakah Asuransi kesehatan yang saya dan keluarga miliki, sudah dapat mengcover seluruh kebutuhan pelayanan kesehatan?

3. Jika belum memiliki Asuransi kesehatan, apakah dana tunai yang saya dan keluarga miliki, mampu untuk mengcover biaya pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, berapa pun besarnya tanpa mengganggu kebutuhan lain?

Jika salah satu pertanyaan diatas ada yang anda jawab belum/tidak/tidak tahu, maka dapat dipastikan - bagi anda yang belum memiliki Asuransi kesehatan - maka anda perlu segera mencari dan membelinya. Dan, bagi anda yang sudah memiliki Asuransi kesehatan - baik dari kantor atau asuransi pribadi - maka anda perlu meninjau kembali Asuransi kesehatan yang sudah anda miliki tersebut.

Nah, sebelum memutuskan membeli asuransi kesehatan yang ditawarkan Agen, ada baiknya anda meminta beberapa ilustrasi dari perusahaan berbeda dan membandingkannya untuk memilih mana Asuransi yang paling cocok dan sesuai untuk anda dan keluarga. Perlu diingat bahwa cocok dan sesuai untuk orang lain belum tentu cocok dan sesuai untuk anda dan keluarga. Begitu pun sebaliknya maka saya sarankan untuk memilih perusahaan Asuransi yang sudah dikenal reputasinya.
Sumber : http://edukasi.kompasiana.com 

0 komentar:

Posting Komentar